Mengapa pahlawan super main keroyok?


Mengapa pahlawan super main keroyok?Ketika Hari Pahlawan Nasional tiba, hati masyarakat pada umumnya terbiasa tertuju pada gambaran pahlawan kemerdekaan, pahlawan nasional, atau pahlawan revolusi. Namun selain tokoh-tokoh tersebut, masyarakat juga mengenal jenis-jenis pahlawan lainnya, seperti pahlawan reformasi, pahlawan tak dikenal, pahlawan kesehatan, pahlawan ekonomi, pahlawan hak perempuan dan anak, pahlawan lingkungan hidup, pahlawan energi, pahlawan keamanan dan pahlawan lainnya. Tak kalah menariknya adalah tampilan para super hero atau lebih dikenal dengan sebutan super hero. Sosok heroik yang ada dalam dunia fiksi yang diciptakan oleh imajinasi manusia yang tampil sebagai pelindung kebenaran, keadilan, pemberantasan kejahatan, bahkan perdamaian, keselamatan, dan ketertiban dunia, Bumi, langit, galaksi, dan segala isinya.

Pahlawan yang sempurna menggambarkan kekacauan dan kerusakan yang disebabkan oleh tindakan manusia terhadap bumi nyata, alam semesta, dan segala isinya. Bukan karena tangan-tangan jahil makhluk luar angkasa atau makhluk di luar kehidupan manusia yang masih dipertanyakan keberadaannya. Tapi sehebat apapun superhero, mereka semua punya kekuatannya masing-masing, lalu kenapa mereka berperan sebagai gangster? Misalnya, dalam sekuel Infinity War dan Endgame, pahlawan super Marvel sepertinya harus bergabung dengan Avengers untuk mengalahkan Thanos, yang tidak dapat dilawan oleh pahlawan super mana pun.

Begitu pula yang terjadi pada superhero DC yang tergabung dalam Justice League harus melawan supervillain bernama Darkseid.


Alasan sederhana mengapa para superhero bertarung bersama untuk mengalahkan Thanos atau Darkseid adalah karena kekuatan superhero ciptaan Marvel atau DC tidak ada artinya ketika harus menghadapi Thanos atau Darkseid satu lawan satu. Apakah sesederhana itu? Terlepas dari semua kekuatan superior yang dimiliki pahlawan super dibandingkan manusia, mereka sering kali digambarkan jauh berbeda. Jadi superhero mana pun yang berhadapan dengan puluhan, ratusan, atau bahkan ribuan manusia akan tetap menang.


Untungnya, itu semua hanya fiksi. Namun ternyata selain membuat figurnya berpenampilan sempurna, figur superhero juga dibuat secara logis. Dia merasa tidak berdaya ketika berhadapan dengan kekuatan yang jauh lebih kuat dari dirinya. Lalu mengapa pahlawan super, yang hanya merupakan ciptaan fiksi, harus berperan sebagai gangster?


1. Dibuat secara logis: Ada langit di atas langit. Ungkapan ini menunjukkan tidak adanya kekuasaan tertinggi. Selalu ada seseorang yang mampu mengalahkan bahkan yang terkuat sekalipun. Oleh karena itu, dalam rangka memberantas kejahatan dari muka bumi, para pahlawan super harus bersatu untuk mengalahkan lawan yang kekuatannya berkali-kali lipat lebih besar dari dirinya.

2. Untuk menciptakan minat: Mereka sering menjadi karakter buruk di setiap sekuel film superhero. Lawan-lawannya pun sama, mudah dikalahkan namun tidak mati sehingga membuatnya membosankan dan menyebalkan.


3. Industri Berkelanjutan: Mungkin inilah sebabnya kita tidak pernah memikirkannya. Sekuel film superhero merupakan industri yang meliputi industri film, industri fashion cosplay, industri berbagai aksesoris, industri konsol dan game, serta berbagai industri terkait lainnya.

Oleh karena itu, penciptaan karakter superhero baru beserta lawan-lawannya yang memiliki kekuatan super berkali-kali lipat dan harus berjuang untuk mengalahkannya merupakan bagian dari industri berkelanjutan yang salah satu tujuannya adalah untuk menjamin keberlangsungan perekonomian yang didukungnya.

Sementara itu, penjelasan mengapa superhero berperan sebagai gangster dapat memberikan kita pelajaran berharga tentang kehidupan manusia di dunia nyata, seperti:


1. Jangan sombong karena kekuatanmu ada batasnya. Kekuatan yang dimiliki setiap manusia mempunyai batas-batas yang diketahui atau disadari hanya ketika menghadapi kekuatan yang lebih tinggi dari dirinya.

2. Hikmah untuk tidak mudah menyerah meskipun anda mengetahui bahwa kekuatan lawan atau musuh anda jauh lebih tinggi dari kekuatan rata-rata anda.

3. Persatuan merupakan salah satu cara untuk menciptakan kekuatan yang besar sehingga dapat melawan atau mengalahkan kekuatan yang lebih besar lagi. Inilah sebabnya mengapa pahlawan super bertindak sebagai geng.

Hikmah selanjutnya adalah kita tidak boleh mengharapkan kehadiran para pahlawan super tersebut untuk mencegah berbagai kekacauan dan kerusakan di bumi akibat ulah manusia. Karena ini tidak akan terjadi sampai akhir dunia. Kitalah yang harus menyelesaikan dan mengatasi kekacauan dan kerusakan yang diakibatkan oleh tangan-tangan jahil kita. Kita hanya perlu saling percaya, saling mendukung, saling membantu, dan realistis.

Tinggalkan Balasan